Minggu, 07 April 2013

program kerja wali kelas



PROGRAM KERJA WALI KELAS VIIIA


SMPN 5 KEPIL

TAHUN AJARAN 2012-2013






Disusunoleh:


Fatimah Eny Astuti, S.S




LEMBAR PENGESAHAN


Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah SMP N 5 KEPIL No 422.2/229/2012 tentang pembagian tugas guru dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan penyuluhan semester I tahun pelajaran 2012 / 2013, maka disusunlah program kerja wali kelas VIIIA sebagai sebuah pedoman dalam mengelola kelas sekaligus sebagai sarana komunikasi baik dengan guru mata pelajaran yang mengampu mata pelajaran di kelas VIIIA Orang tua / wali peserta didik, maupun dengan peserta didik itu sendiri. Dengan adanya program kerja wali kelas diharapkan proses belajar mengajar di kelas bisa tertib dan terkoordinir dengan baik sehingga tujuan pemberian pelayanan prima kepada peserta didik maupun tujuan membimbing peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bertanggung jawab dapat tercapai.
Program kerja ini meliputi program kerja yang berkaitan dengan peningkatan keimanan dan ketaqwaan,  pembuatan administrasi kelas, pembuatan kelengkapan administrasi wali kelas, pelaporan hasil belajar siswa, pembentukan dan pengembangan kecerdasan serta pembinaan karakter dan budi pekerti siswa.


Mengesahkan,                                                             Kepil, 12 Juli 2013
Kepala Sekolah SMP N 5 Kepil                                 Wali Kelas



Bambang Nuryanto, S.Pd                                           Fatimah Eny Astuti, S.S
NIP 19660120198903 1 007                                      NIP 19781223 200801 2006









PROGRAM KERJA WALI KELAS VIIIA


DASAR HUKUM
1.      Pasal 40 ayat (2) UU No 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007, tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
3.      Surat Keputusan Kepala Sekolah SMP N 2 KEPIL No 422.2/229/2012 tentang pembagian tugas guru dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan penyuluhan semester I tahun pelajaran 2012/2013.



























PENDAHULUAN


Wali kelas adalah guru yang mendapat tugas sampingan untuk mendampingi sebuah kelas tertentu. Wali kelas seperti halnya orang tua bagi peserta didik kelas binaan. Wali kelas harus mengenal detail berbagai karakter peserta didik yang menjadi binaannya. Komunikasi dan kedekatan emosional harus dibangun dan karena kedekatan inilah, wali kelas dapat berperan lebih dalam menanamkan sikap-sikap dan nilai-nilai baik (karakterpositif) kepada peserta didik kelas binaan. Keberhasilan penanaman karakter positif ini tidak terlepas dari keteladanan yang tercermin dalam perilaku wali kelas itu sendiri. Penanaman karakter positif yang dibarengi dengan keteladanan akan lebih banyak keberhasilannya.
Dalam melaksanakan tugasnya, wali kelas diharapkan mampu membimbing peserta didik berubah sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga belajar bukan lagi merupakan beban tetapi merupakan hal yang menyenangkan untuk mereka lakukan.
























TUJUAN, VISI DAN MISI


TUJUAN
1.      Mengelola keunikan dan pengalaman belajar setiap individu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, inovatif, dan tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.      Pembentukan dan pengembangan kecerdasan serta pembinaan karakter dan budi pekerti siswa.
3.      Melibatkan peserta didik secara aktif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreativitas dalam kegiatan pembelajaran.
4.      Membimbing peserta didik mencapai dan meningkatkan keberhasilan belajar.
5.      Mengembangkan belajar mandiri.
6.      Tertib administrasi.
7.      Tersusunnya administrasi wali kelas yang baik dan terstruktur.
8.      Terjabarkannya program yang telah disusun wali kelas, baik kepada peserta didik, orang tua/wali, maupun guru mata pelajaran.
9.      Terlaporkannya hasil belajar untuk semua aspek penilaian.

VISI
Mengelola keunikan dan pengalaman belajar setiap individu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, inovatif, dan tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

MISI
Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mudah beradaptasi, memiliki motivasi, kreatif, mandiri, mempunyai etos kerja yang tinggi, memahami makna belajar seumur hidup, dan berpikir logis dalam menyelesaikan masalah.






RENCANA KEGIATAN

FUNGSI ANALISIS PENGELOLAAN KELAS
Pembagian dan penunjukan tugas wali kelas oleh kepala sekolah berdasarkan Surat Keputusan Kepala sekolah SMP N 5 KEPIL No 422.2/229/2012 tentang pembagian tugas guru dalam proses belajar mengajar atau bimbingan dan penyuluhan semester I tahun pelajaran 2012/2013.

PENYUSUNAN RENCANA PROGRAM DAN TATA LAKSANA
Program kerja serta tata laksana wali kelas:

Ø  SOSIALISASI PROGRAM KERJAWALI KELAS
1.      Arsip sekolah sebagai sosialisasi kepada kepala sekolah dan guru mata pelajaran.
2.      Kelas sebagai sosialisasi kepada peserta didik.
3.      Papan informasi dan mading sebagai sosialisasi kepada publik termasuk didalamnya orangtua/wali dari peserta didik.

Ø  PEMBUATAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI KELAS
1.      Pembuatan jadwal pelajaran
Dari bidang kurikulum sekolah
2.      Pemilihan perangkat kelas dan pembuatan daftar piket
Musyawarah kelas
3.      Pembuatan denah tempat duduk
Otoritas wali kelas berdasarkan analisis perilaku dan prospek peserta didik
4.      Buku presensi
Oleh sekolah pengisian dikoordinir sekretaris kelas
5.      Buku jurnal kelas
Oleh sekolah pengisian dikoordinir sekretaris kelas
6.      Tata tertib sekolah
Kesiswaan sekolah
7.      Daftar koordinator mata pelajaran
Otoritas wali kelas
8.      Daftar kelompok belajar
Otoritas wali kelas
9.      Buku bank catatan dan bank soal
Pengadaan oleh wali kelas, pencatatan oleh koordinator mata pelajaran yang ditunjuk.

Ø PEMBUATAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI WALI KELAS
1.      Pembuatan Statistik bulanan kegiatan belajar mengajar
2.      Pembuatan pohon prestasi
Dibuat oleh wali kelas sebagai apresiasi terhadap prestasi peserta didik. Peserta didik yang terpilih sebagai siswa berprestasi fotonya akan terpasang di pohon prestasi selama 1 bulan dan digantikan siswa berprsetasi bulan berikutnya. Pemilihan berdasarkan hasil angket dari guru mata pelajaran.
3.      Penelusuran minat dan bakat
Bekerjasama dengan pihak yang lebih berkompeten (psikolog) untuk mengetahui minat dan bakat peserta didik.
4.      Catatan khusus peserta didik
5.      Catatan mutasi
6.      Daftar nama dan profil peserta didik
7.      Daftar pengembangan nilai mata pelajaran
Berupa angket kepada guru mata pelajaran tentang perilaku peserta didik pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.
8.      Daftar pantauan tutor sebaya
9.      Daftar pantauan prestasi peserta didik
Berupa angket kepada guru mata pelajaran tentang prestasi peserta didik dalam bentuk pemilihan siswa berprestasi setiap bulan untuk setiap mata pelajaran.
10.  Daftar pantauan pembuatan bank catatan
11.  Daftar pantauan pembuatan bank soal
12.  Tabungan siswa
Awalnya kepada wali kelas, selanjutnya akan dibukakan rekening bank sehingga menjamin transparansi dan kontinuitas gemar menabung.

Ø PELAPORAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
1.      Rekapitulasi hasil penelusuran minat dan bakat
2.      Pemberian sertifikat belajar untuk menghargai keunikan kemampuan setiap peserta didik dan apresiasi kerja keras peserta didik dalam setiap semester.
3.      Bendel laporan aktivitas peserta didik yang diberikan setiap akhir semester
4.      Raport






















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar